Al Atabik


Dia adalah Al Malik Imad Ad-Din Al Atabik Zanki bin Al Hajib Qasim Ad-Daulah Aqsunkar bin Abdillah At-Turki, penguasa Halb.
Sultan Mahmud bin Malik Syah memberikan Syihnakiyah96 Baghdad kepadanya pada tahun 511 H,97 yaitu tahun ketika putranya seorang raja yang adil Nuruddin Asy-Syahid lahir. Dia dpindahkan ke kota Mosul. Kemudian dia menjadikan putranya yang diberi julukan Al Khafaji sebagai Atabik pada tahun 522 H.
Kemudian dia menguasai negeri itu dan mendapatkan popularitas. Dia menaklukkan Ruha, menguasai Hleb, Mosul, Hamah, Hamsh, Ba’labak dan Baniyas. Dia mengepung Damaskus dan berdamai dengan penduduknya dengan syarat mereka mengakui kekuasaannya, setelah peperangan yang panjang.
Al Atabik adalah seorang pahlawan yang pemberani seperti ayahnya. Dia sangat berwibawa, enak dipandang dan berkulit coklat. Dia mempunyai banyak uban. Keberaniannya diibaratkan bahwa dia tidak diam dan tidak tidur. Dia orang yang bergairah bahkan terhadap istri tentaranya.
Aku katakan, “Zanki tiba di benteng Ja’bar. Dia mengepung penguasa benteng itu Ali bin Malik. Dia hampir menguasainya namun dia terbunuh. Pembunuhnya yang juga pembantunya lari ke Ja’bar. Peristiwa itu terjadi pada tahun 541 H. Kemudian putranya Nuruddin menguasai Syam dan putranya AL Ghazi menguasai Mosul.”
Umur Zanki mencapai enam puluh tahun.
-----------------
siyar alam an-nubala
pustakaazzam.com

Artikel Terkait Al Atabik