Al Baghawi


Dia adalah seorang syaikh, imam, ulama yang dijadikan panutan, seorang yang hafizh, Syaikhul Islam Muhyi As-Sunnah Abu Muhammad Al Husain bin Mas’ud bin Muhammad Al Farra‘ Al Baghawi, seorang ahli tafsir pengikut madzhab Syafi’i dan penulis banyak kitab seperti Syarh As-Sunnah, Ma’alim At-Tanzil, Al Mashabih dan kitab yang lain.
Al Baghawi dijuluki dengan Muhyi As-Sunnah dan Rukn Ad-Din. Dia adalah orang mulia, imam, alim yang pandai, zahid dan orang yang menerima meski hal sepele. Dia pernah makan roti sendirian, lalu dia dicela karena hal tersebut. Kemudian dia makan dengan lauk yang berminyak. Ayahnya bekerja sebagai pembuat pakaian dari bulu binatang dan menjualnya. Dia diberkahi karena kitab-kitabnya dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa karena ketulusan niatnya. Para ulama berlomba-lomba untuk meraih prestasi sebagaimana Al Baghawi. Dia tidak mengajar kecuali dalam keadaan bersuci. Dia berpakaian sederhana. Dia mempunyai pengetahuan luas tentang tafsir dan fikih. 
Al Baghawi wafat di Marwa, sebuah kota di negeri Khurasan pada tahun 516 H. Dia hidup selama kurang lebih tujuh puluh tahun.
----------
siyar alam an-nubala
pustakaazzam.com

Artikel Terkait Al Baghawi