Wednesday, September 17, 2014

Wa`il bin Hujur bin Sa’ad

Dia adalah Abu Hunaidah Al Hadrami, seorang bangsawan dan pembesar kaumnya. Dia pernah menjadi utusan. Dia juga meriwayatkan hadits.

Ketika Mu’awiyah datang ke Kufah, dia menemui Mu’awiyah lalu membai’atnya.

Diriwayatkan oleh Alqamah bin Wa‘il dari ayahnya, bahwa Wa‘il pernah mengirim seorang delegasi kepada Rasulullah SAW, sehingga beliau memberinya sebidang tanah. Beliau menyuruh Mu’awiyah bin Abu Sufyan agar ikut bersamanya untuk menunjukkan tanah tersebut.


Mu’awiyah kemudian berkata kepadaku, “Boncenglah aku di belakangmu.” Aku menjawab, “Kamu tidak pantas dibonceng di belakang raja-raja.” Mu’awiyah berkata, “Berikan sandalmu kepadaku.” Aku berkata, “Kenakan sandal dari bulu unta!”

Ketika Mu’awiyah diangkat menjadi khalifah, aku menemuinya, lalu dia mempersilakanku duduk bersamanya di atas ranjang, kemudian dia menceritakan peristiwa itu kepadaku. Aku kemudian berkata kepada diriku sendiri, “Seandainya aku bisa membawanya ke hadapanku.”  

sumber: siyar alam an-nubala

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan isikan komentar dengan bahasan yang santun

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home