Abu Al Ash bin Ar-Rabi’


Dia adalah Ibnu Abdul Uzza Al Qurasyi Al Absyam, menantu Rasulullah SAW, suami dari putri beliau yang bernama Zainab. Dia juga ayah dari Umamah, wanita yang pernah digendong Nabi SAW ketika beliau sedang shalat. Dia masuk Islam lima bulan sebelum perjanjian Hudaibiyah.  
Al Miswar bin Makhramah berkata, “Rasulullah SAW pernah memuji Al Ash karena dia menantu yang baik. Beliau bersabda, ‘Dia berbicara denganku kemudian mempercayaiku, dia berjanji kepadaku lalu menepatinya’. Ketika itu dia berjanji kepada Nabi SAW akan kembali ke Makkah setelah perang Badar. Dia menyerahkan istrinya (Zainab, putri Nabi SAW) kepada beliau dan berpisah dengan Zainab walaupun dia sangat mencintainya. Ibnu Al Ash adalah seorang pedagang dan kepercayaan orang Quraisy, tetapi aku tidak pernah melihatnya meriwayatkan hadits.
Ketika Hijrah, Nabi mengembalikan Zainab kepadanya setelah enam tahun dari pernikahan pertama. Ketka Ibnu Al Ash ditawan dalam perang Badar, Zainab mengirim kalungnya untuk membebaskan suaminya. Nabi lalu bersabda, ’Jika kalian melihat bahwa ini bisa menebusnya, maka lakukanlah.’ Para sahabat pun segera menebusnya.” 
-----------
siyar alam an-nubala
pustakaazzam.com

Artikel Terkait Abu Al Ash bin Ar-Rabi’