Suhail bin Amr


Dia adalah orator, juru bicara, dan salah satu tokoh bangsa Quraisy.
Ketika dia menangani masalah perdamaian, Nabi SAW bersabda kepadanya, “Semoga urusan kalian dimudahkan.”
Dia masuk Islam pada saat penaklukkan Makkah, dan keislamannya menjadi baik. Dia juga pernah ditawan pada waktu perang Badar, tetapi bisa melarikan diri. Selain itu, selama tinggal di Makkah, dia menyemangati orang-orang untuk berjuang di medan perang seraya berkata, “Wahai orang-orang yang menang, apakah kalian membiarkan Muhammad dan anak-anak kecil mengambil kafilah kalian? Siapa yang menginginkan harta maka raihlah harta ini, dan siapa yang menginginkan kekuatan maka raihlah kekuatan ini.” 
Dia juga sosok yang rendah hati, dermawan, dan fasih berbicara. Dia pernah berpidato di Makkah ketika Rasulullah SAW meninggal, seperti pidatonya Abu Bakar Ash-Shiddiq ketika berada di Madinah, sehingga dia berhasil menenangkan massa dan Islam menjadi mulia.
Suhail adalah sahabat yang banyak melakukan shalat, puasa, dan sedekah. Dia keluar bersama jamaahnya menuju Syam untuk berjihad. Ada yang mengatakan bahwa dia selalu berpuasa dan shalat tahajjud hingga kondisinya terlihat lusuh dan berubah. Dia banyak menangis jika mendengar ayat-ayat Al Qur`an. Dia pernah menjadi panglima pasukan dan tentara berkuda pada waktu perang Yarmuk, dan akhirnya meninggal sebagai syahid pada perang tersebut.
ref. siyar alam an-nubala
pustakaazzam.com

Artikel Terkait Suhail bin Amr