As-Sam’ani


Dia adalah seorang imam, hafizh, satu-satunya yang terpercaya, seorang ahli hadits dari Khurasan, dia adalah Abu Sa’ad Abdul Karim bin Al Imam Al Hafizh An-Naqid Abu Bakar Muhammad bin Al Alamah, mufti Khurasan Abu Al Muzhaffar Manshur  At-Tamimi As-Sam’ani Al Khurasani Al Marwazi, pemilik karya yang banyak.

Dia dilahirkan di Marwa pada tahun 506. Tidak terhitung negeri dan Syaikh  tempat dia menimba ilmu.

Dia belajar di Amul Thabaristan, Abiward, Isfirayin, Al Anbar, Bukhara, Bastham, Bashrah, Baghsyur, Balakh, Tarmidz, Jurjan, Halb, Hamat, Hamshin, Khartank di dekat makam Al Bukhari, Khusriwajird, Ar-Rayy, Sarkhas, Samarkand, Hamadzan, Harat, Al Haramain, Kufah, Thus, Al Madain, Biqa’ dan beberapa daerah lain yang panjang untuk disebutkan, dia sempat mengunjungi Al Quds dan Al Khalil dimana daerah tersebut berada di bawah kekuasaan asing. Menyusun strategi untuk mengancam mereka, dimana hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh para ulama salaf dan tidak pula oleh Ibnu Asakir.

Dia dikenal memiliki watak yang baik, ingatan yang tajam, pemahaman yang cepat, tulisan yang kuat dan cepat. Dia meluangkan waktu untuk mengajar, memberi fatwa dan petuah serta membimbing keluarganya. Mereka memberinya gelar bapaknya Taaj Al Islam. Bapaknya juga bergelar Mu’in Ad-Din.

Ibnu An-Najjar berkata, “Aku mendengar seseorang menyebutkan bahwa jumlah guru Abu Sa’ad sekitar tujuh ribu Syaikh. Dia berkata, ‘Jumlah ini belum pernah dicapai oleh seorangpun. Dia seseorang yang memiliki karya indah, syair dan lirik lagu. Mempunyai sifat lembut, baik, hafizh, sering melakukan perjalanan, terpercaya, jujur dan taat agama. Banyak di antara para Syaikh  dan sahabatnya yang belajar darinya’.”

Al Hafizh Abu Sa’ad meninggal pada tahun 562 H, di Marwa pada usia 56 tahun.

Artikel Terkait As-Sam’ani