Abdullah


Abdullah

cara-global.blogspot.com: Dia anak seorang sultan Ya’qub bin Yusuf bin Abdul  Al Mukmin Al qoisi yang dijuluki dengan raja yang adil.
Dia adalah pengganti atas Andalus. Ketika Abdul wahid terbunuh, bangsa Eropa menyerbu Andalus, kemudian Al Adil menghadapinya, tetapi tentaranya kalah dan lari menuju Marrakusy dalam keadaan sial, setelah itu dia ditangkap oleh orang-orang Muwahhidin, kemudian yahya  Ibnu Sulthan Muhammad bin yusuf dibaiat menjadi sultan disaat rambutnya telah tumbuh. Lalu datang berita bahwa Idris anak dari sultan ya’qub telah memproklamirkan dirinya sebagai seorang pemimpin di Sevilla dan perkara ini pun menjadi besar
sehingga dia diblokade di Marrakusy. Penduduknya pun menjadi resah karenanya, lalu mereka mengeluarkanya, dan dia lari ke gunung Daron, kemudian sebuah kelompok telah bangkit bersamanya,lalu datang dan menguasai secara sempurna, setelah itu mengusir pembesar-pembesar Idris, dan sebagian mereka telah terbunuh, kemudian Ibnu Hud Al Hudzami menguasai Andalus dengan lalin, dan menyeruh pada bani Al Abbas, dan orang-orang  pun condong kepadanya, setelah itu Idris melarikan melewati Marrakusy, kemudian dia bertemu dengan yahya  dan dia berhasil mengalahkan yahya, lalu Yahya lari ke gunung, sementara itu kekuasaan Al Adil di tahun 20 H. Negaranya menjadi tempat pembunuhan massal yaitu di Thulaithulah, dan pada akhirnya Al Adil dibunuh secara mendadak, dan istananya yang berada di Marrakusy dikuasai. Setelah itu yahya menjadi raja kemudian diperangi oleh pamanya dan dia terbunuh.

sumber: an-nubala

Artikel Terkait Abdullah