Penguasa Al Maghrib


Penguasa Al Maghrib

cara-global.blogspot.com: Dia adalah As-Sulthan Al Malik Al Makmun Amirul Mukminin –seperti yang diperkirakan oleh Abu Al ula Idris Ibnu As-Sulthan Al manshur yakqub bin yusuf bin Abdul Mukmin bin Ali Al Qaisi.

Dia adalah seorang panglima yang pemberani dan berwibawa, cerdik dan pintar, ahli usul, penyair dan mempunyai keagungan. Dia di Andalus bersama saudaranya yang bernama Al Adil Abdullah, ketika bangsa
Eropa memberontak Adil meninggalkan Andalus, dan yang menjadi khalifah adalah Idris, dan beberapa peristiwa telah lama terjadi, kemudian dia diminta untuk menjadi pemimpin di Andalus, lalu dia berhasil mengalahkan Marrakusy lalu dia mengambil alih kerajaan dari yahya bin Muhammad anak pamanya, dan mereka sering bertemu, kemudian kekuatun Yahya melemah, setelah itu dia meminta bantuan kepada sebuah kaum untuk melindungi mereka dari kejahatan Tilmisan lalu di bunuh secara tiba-tiba, dan kekuasaan Idris pun semakin kokoh. dia adalah orang keras, dan suka menumpahkan darah,

Dia meninggal dalam peperangan pada tahun 630 Hijriyah, setelah itu anaknya yang bernama Ar-Rasyid menjadi raja selama 10 tahun.

Idris mempunyai risalah panjang di dalamnya dia menjelaskan kebohongan Mahdi dan kesesatanya, hal itu dinukil dari sejarahnya.

sumber: an-nubala

Artikel Terkait Penguasa Al Maghrib