Taj Al Muluk


Dia adalah penguasa damaskus, Taj Al Muluk Buri putra penguasa Damaskus Atabik Thughtikin, mantan budak Sultan Tutusy As-Saljuqi.
Berkuasa setelah ayahnya pada tahun 520 H. Dia sosok yang pemurah dan mulia. Dia mempunyai peran besar dalam menumpas aliran Ismailiyyah.
Dia dilahirkan pada tahun 478 H.
Ketika Ibnu Shabbah, penguasa Al Alamut, tahu apa yang terjadi dengan para pengikutnya yang mengikuti paham Ismailiyyah di Damaskus, dia marah. Dia menugaskan orang untuk membunuh Taj Al Muluk. Dia menunjuk dua orang dengan berseragam tentara. Keduanya bergabung dengan sekelompok orang yang di antaranya adalah tentara. Keduanya berpura-pura mengaku dari Salhadanah. Mereka menerima keduanya. Akhirnya kedua utusan tersebut menikam dan membunuh Taj Al Muluk.
Abu Ya’la Al Qalanisi berkata, “Mereka membunuh Taj Al Muluk pada bulan Jumadil Akhirah tahun 525 H. Salah seorang menyerang kepalanya dengan pedang dan mengenai lehernya. Yang satunya lagi menusuk pinggangnya denga pisau hingga menembus dagingnya.”
Aku katakan, “Taj Al Muluk jatuh sakit karena serangan itu, tapi dia meninggal pada bulan Rajab tahun 526 H.”
Sebuah pendapat mengatakan bahwa dia sangat hebat dalam medan perang. Dia tak pernah tinggal diam dalam menghadapi pasukan Eropa. Jika dia mempunyai banyak tentara, dia bisa mengalahkan mereka.
Siyar alam an-nubala
pusatakaazzam.com

Artikel Terkait Taj Al Muluk