Sunday, April 21, 2013

Ummu Hani`


cara-global.blogspot.com: Sayyidah fadhilah Ummu Hani` adalah putri Abu Thalib, paman Rasulullah, keturunan bani Hasyim dari Makkah, saudara perempuan Ali dan Ja’far. 

Dia berada di bawah kekuasaan Hubairah bin Amr bin A’id Al Makhzumi, lalu dia melarikan diri ke Nigeria pada saat penaklukkan Makkah. 


Di antara putra-putra Ummu Hani` adalah Umar bin Hubairah, Ja’dah, Hani`, dan Yusuf. Ummu Hani` masuk Islam pada saat penaklukkan Makkah dan dia masih hidup hingga lima tahun setelah masuk Islam. 

Diriwayatkan dari Abu An-Nadhr, pembantu Umar bin Ubaidullah, bahwa Abu Murrah, pembantu Ummu Hani`, memberi kabar kepadanya bahwa Abu Murrah mendengar Ummu Hani` berkata, “Pada waktu penaklukkan Makkah, aku menemui Rasulullah SAW saat beliau sedang mandi dan Fatimah menutupinya dengan baju. Aku mengucapkan salam, lalu beliau berkata, ‘Siapa itu?’ Aku menjawab, ‘Aku Ummu Hani`, putri Abu Thalib.’ Rasulullah SAW lalu berkata, ‘Selamat datang Ummu Hani`’. Setelah selesai mandi, beliau melaksanakan shalat 8 rakaat dengan diselimuti satu baju. Setelah itu aku berkata, ‘Ya Rasulullah, anak laki-laki Ibuku, yakni Ali, mengatakan bahwa dia telah membunuh seorang pria yang telah aku beri hadiah, yaitu fulan bin Hubairah’. Mendengar itu, beliau bersabda, ‘Kami pun telah memberi hadiah kepada orang yang kamu beri hadiah itu wahai Ummu Hani`, yaitu Dhuha’.” 

Ada yang mengatakan bahwa ketika Ummu Hani` bercerai dari Hubairah lantaran dia masuk Islam, Rasulullah SAW lalu melamarnya. Kemudian dia berkata, “Aku sebenarnya wanita yang memiliki anak kecil.”163 Namun beliau bisa memahaminya. 

sumber: an-nubala

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan isikan komentar dengan bahasan yang santun

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home